5 Cara untuk Belajar Coding

Belajar pemograman akan berdampak positif bagi seseorang, baik itu dari segi kontribusi yang akan diberikan dalam penyelesaian masalah maupun dari segi keuangan.

Namun kadang jalan yang ditempuh untuk mampu menjadi seorang software developer ataupun web developer tidaklah selalu gampang dan mudah, perlu motivasi dan kemauan yang kuat untuk bisa mewujudkan keinginan ini, kerja keras itu memang harus, namun percayalah bahwa semua itu akan terbyara pada akhirnya.

Berikut ini saran yang disampaikan oleh Quincy Larson tentang bagaimana cara mengajarkan diri sendiri untuk menjadi seorang developer.

1. Code every day
Menulis code setiap hari bukanlah perkara gampang, apalagi jika kita harus bekerja di kantoran, namun pengulangan yang dilakukan secara terus menerus akan membantu dalam membangun muscle memory, sehingga segalanya akan menjadi semakin otomatis.

Pengulangan secara terus menerus akan membantu seseorang dalam belajar dan mengingat, karena cara terbaik untuk belajar adalah dengan perulangan.

Sempatkan setiap hari untuk menulis kode dan belajar hal baru, minimal setengah jam ataupun satu jam dari aktifitas kita.

2. Hang out with other people who code
Berjalan dan belajar sendiri kadang membuat kita jenuh dan kehilangan semangat, dengan sering sering keluar dan mengikuti meet up atau berkumpul dengan orang orang yang seide dan sedang belajar coding ataupun yang sudah mahir, tentu akan sangat membantu baik dalam penyelesaian masalah maupun sebagai motivasi tambahan.

Di samping juga akan menambah relasi jika suatu saat kita memerluka proyek untuk dikerjakan. jadi kenapa tidak?

3. Tools don’t really matter, focus on coding
Seorang pemula kadang menghabiskan waktu terlalu banyak pada tools apa yang sebaiknya digunakan, alih alih menghabiskan waktu memikirkan tool apa yang cocok dan seharusnya digunakan, kenapa tidak langsung saja fokus pada coding?

Well, tentu tidak akan mudah, karena bagi pemula, kadang kita terlalu semangat untuk mencoba hal hal baru dan tool baru daripada mencoba menulis dan membaca code.

4. Don’t worry about what to build, fosuc on how to build
Saran keempat adalah tentang jangan khawatir berlebih tentang apa yang akan kita buat nantinya setelah mencoba beberapa tutorial. Ada banyak sekali ide tentang apa yang bisa dibuat, apakah itu cloning Twitter, dan lain sebagainay. Yang paling penting adalah bagaimana cara membuatnya, disitulah seharusnya fokus kita. Bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi, bukan apa.

5. Contribute to Open Source (legacy code)
Saran yang kelima adalah berkontribusi pada proyek-proyek open source. Ini secara tidak langsung akan membantu kita untuk bekerja di dalam sebuah tim, dan yang paling penting lagi adalah kita dapat melihat bagaimana developer lain bekerja, baik itu alur kerjanya, logika algoritmanya dan lain-lain.

Kontribusi dalam bidang Open Source secara tidak langsung akan membantu kita dalam menjalin hubungan dan mendapatkan pekerjan untuk dikerjakan.

Mari kita memulai belajar coding dan berkontribusi dalam proyek Open Source sehingga dapat menjadi solusi bagi masalah yang kita hadapi.