Marksheet.io: Referensi untuk Belajar HTML5, CSS3, dan SASS

Web development menjadi salah satu skill yang banyak dibutuhkan sekarang ini, bagi yang ingin mendalami dan memasuki dunia developer, beberapa developer senior menyarankan untuk terlebih dahulu menekuni Web Development, tidak salah juga jika terus mempelajari bidang yang diminati seperti Game development, Artificial Intelligent dan lain-lain.

Saya sendiri sedang dalam proses belajar dan mendalami Web development, dan satu hal yang pasti adalah mempelajari dasar-dasar secara komprehensif meliputi HTML, CSS dan JavaScript.

Nah, salah satu sumber yang saya temukan dan sangat disarankan untuk mempelajari HTML dan CSS secara dasar adalah Marksheet.io.

Marksheet.io merupakan sebuah tutorial HTML dan CSS yang bebas digunakan karya Jeremy Thomas, meliputi 4 segmen yaitu Web, HTML5, CSS3 dan Sass.

1. Web (Bagi yang benar-benar pemula, terdiri dari tiga pelajaran)
Di segmen pertama ini pembaca akan dikenalkan dengan konsep-konsep seperti Internet dan bagaimana cara kerjanya, World Wide Web, dan yang terakhir adalah tentang Web browser.

2. HTML5 (terdiri dari 13 pelajaran)
Bagian ini menjelaskan tentang dasar-dasar HTML, section ini terdiri dari 13 pelajaran. Bagi pemula yang ingin terjun di dunia coding, menguasai HTML5 merupakan pintu masuk pertama sekali sebelum melanjutkan ke pintu-pintu berikutnya.

3. CSS3 (terdiri dari 29 pelajaran)
Bagian ini menjelaskan tentang kegunaan dari CSS dan bagaimana CSS membuat sebuah web site menjadi menarik. Bagian ini terdiri dari 29 pelajaran. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam melakukan layouting.

4. SASS (terdiri dari 5 pelajaran)
Bagian terakhir adalah SASS. Sebenarnya ini termasuk dalam katagori tingkat lanjut. Disarankan untuk membaca bagian HTML dan CSS terlebih dahulu sebelum memulai bagian ini.

Sebagai kesimpulan, sangat disarankan untuk mempelajari empat hal di atas terlebih dahulu sebelum beralih ke bahasa pemograman seperti JavaScript atau Python, karena dengan menguasai dasar secara kuat, akan memudahkan seorang developer untuk berkembang dan belajar hal-hal baru ke depannya.