Mencoba Gutenberg Editor

screenshot Gutenberg Editor

Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang penggunaan editor baru yang digunakan pada WordPress 5.0, yaitu Gutenberg Editor.

Menarik melihat dan menggunakan editor baru ini yang menjadikan setiap aspek menjadi kumpulan blok-blok yang dapat dipindahkan sesuai dengan keperluan si penulis.

Secara garis besar, fiturnya masih terlihat sama, hanya saja terdapat dua pilihan di sebelak kanan editor, yakni Document dan Block.

Masih banyak pilihan blok lainnya yang belum saya explore, secara keseluruhan, Gutenberg Editor ini menganggap setiap bagian dari sebuah postingan adalah sebuah blok bisa diatur ulang sesuai dengan minat si penulis.

Pada setiap blog, jika Anda mengarahkan mouse pada blok yang dimaksud, anda akan melihat tanda + yang bisa digunakan untuk menambahkan blok lain yang Anda butuhkan.

Ini kali pertama saya menggunakan Gutenberg Editor dan saya sudah mulai menyukainya, ada beberapa hal yang belum saya coba semisal menyisipkan code ke dalam sebuah postingan.

print("This line will be printed.") //Python code

Code snippets di atas saya ambil dari pythonforbeginners hanya untuk melihat bagaimana cara menampilkan code di dalam Gutenberg Editor.

Demikianlah review singkat saya mengenai Gutenberg Editor yang dijadikan editor default pada WordPress versi 5. Jika Anda masih kurang tertarik dengan Gutenberg Editor ini, Anda masih bisa menggunakan editor classic tentunya dalam bentuk pluggins. Selamat mencoba.